min2

Data Mining By KDRT PA Team

Definisi

Data mining merupakan suatu proses menganalisa data dari sudut pandang yang berbeda dan membuat data tersebut menjadi informasi yang dapat digunakan untuk memberikan keuntungan.

http://www.anderson.ucla.edu/faculty/jason.frand/teacher/technologies/palace/datamining.htm

 

Sejarah

1763 Thomas Bayes menerbitkan makalah yang menjelaskan prinsip hubungan antara kemungkinan sekarang dan kemungkinan sebelumnya, yang disebut “Bayes Theorem”. Ini menjadi dasar dari Data Mining, karena prinsip ini memungkinkan pemahaman dari suatu realitas yang kompleks berdasarkan perkiraan kemungkinan.

1936 Awal dari era komputer yang memungkinkan pengumpulan dan pengolahan data dalam jumlah yang banyak. Pada makalah “On Cmputable Numbers”, Alan Turing memperkenalkan gagasan dari sebuah mesin yang dapat melakukan komputasi seperti komputer modern. Komputer modern dibuat berdasarkan konsep dari Turing.

1943 Warren McCulloch dan Walter Pitts pertama kali membuat sebuah konsep dari jaringan syaraf. Di makalah yang berjudul “A Logical Calculus of the Ideas Immanent in Nervous Activity”, mereka mendesripsikan gagasan dari sebuah syaraf didalam jaringan. Setiap syaraff dapat melakukan 3 hal, menerima input, memproses input, dan membuat output.

1965 Lawrence J. Fogel membuah sebuah perusahaan bernama Decision Science unntuk mengaplikasikan evolutionary programming. Perusahaan ini adalah perusahaan pertama yang menerapkan komputasi evolusioner untuk memecahkan masalah dalam duna nyata.

1970 Dengan sistem manajemen database yang lebih kompleks, memungkinkan penyimpanan dan query dari data yang berukuran terabyte dan petabyte. Selain itu, gudang data memungkinkan user untuk bergerak dari cara berfikir yang berorintasi terhadap transaksi ke cara berfikir yang lebih analitis dala melihat data.

1975 John Henry Holland menulis “Adaptation in Natural and Artificial Systems”, buku yang membahas algoritma genetik. Ini adalah buku yang memulai studi dibidang ini.

1980 HNC mendaftarkan kata “database mining”. Hal ini dilakukan untuk menjaga produk bernama DataBase Mining Workstation.

1990 Kata data mining mulai muncul di komunitas database. Perusahaan dan komunitas mulai menggunakan data mining untuk menganalisa dan mengenali tren untuk meningkatkan konsumer mereka, memprediksi flunktuasi di bunga, harga stok, dan permintaan kostumer.

1992 Bernhard E. Boser, Isabelle M. Guyon dan Vladimir N. Vapnik menyarankan sebuah pengembangan dari mesin support vector yang memungkinkan pembuatan classifier yang tidak linear. Mesin support vector adalah suatu cara pembelajaran analisis data dan mengenali pola yang digunakan untuk klasifikasi analisis agresi.

1993 Gregiry Piatetsky-Shapiro memulai Knowledge Discovery Nuggets. Ini awalnya dimaksudkan untuk menghubungkan peneliti yang telah mengikuti workshop KDD

1989 Istilah “Knowledge Discovery in Databases” (KDD) diciptakan oleh Gregory Piatetsky-Shapiro.

2001 Walaupun kata “data science” sudah ada sejak 1960-an, baru pada tahun 2001 William S. Cleveland memperkanlkannya sebagai disiplin ilmu independen.

2015 Di februari 2015, DJ Patil menjadi “Chief Data Scientist” pertama di White House. Sekarang, data mining tersebar di banyak bisnis, teknik, dan medis.

http://rayli.net/blog/data/history-of-data-mining/

 

Manfaat dan Urgensi

Manfaat dari data mining adalah mempermudah dalam mengolah data sehingga data dapat digunakan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal baik dalam bidang limu, bisnis, maupun medis.

Urgensi […]

 

Contoh

Salah satu contoh dari aplikasi data mining adalah google analytics. Google analytics adalah suatu layanan web analytics milik google. Dengan google analytics, seseorang dapat mengetahui web traffic miliknya. Data-data yang dapat diperoleh dari google analytics seperti   jumlah pengunjung website setiap hari, asal dari pengunjung website, jumlah pengunjung aktif, atau cara pengunjung mengakses website.

 

min min2

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *